Holding BUMN, Perkebunan Butuhkan Dana 6 Trilliun Rupiah

Elangnews- PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) sebagai induk usaha (holding ) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perkebunan tengah mencari pendanaan sebesar Rp6 triliun untuk tahun 2017. Dana itu rencananya digunakan untuk meningkatkan produktivitas tanaman.

Direktur Utama PTPN III Holding Elia Massa Manik menjelaskan, selama periode 2016 hingga 2018 mendatang, perseroan membutuhkan pendanaan sebesar Rp13 triliun. Sedangkan, pada tahun ini perseroan telah memperoleh pendanaan dari perbankan sebesar Rp2 triliun.

”Kita butuh injeksi dana segar Rp13 triliun hingga 2018, tahun ini sudah diambil Rp2 triliun, tahun depan kita ambil lagi Rp6 triliun dari perbankan,” kata Elia dalam acara jumpa pers di Jakarta.

Dana tersebut akan digunakan PTPN III Holding untuk meningkatkan kinerja antara lain rehabilitasi dan peningkatan produktivitas tanaman, perbaikan kinerja dan kapasitas pabrik. Selain itu, digunakan untuk investasi tanaman dan nontanaman.

”Rata-rata produktivitas empat komoditas seperti sawit, karet, gula, dan teh akan tumbuh 15-22% pada tahun depan,” jelasnya.

Seiring dengan pertumbuhan target produksi, penjualan pada tahun 2017 juga diharapkan dapat naik. Perseroan optimistis dapat meraih penjualan sebesar Rp46,7 triliun atau tumbuh 34,9% dibandingkan proyeksi hingga akhir tahun ini Rp34,62 triliun.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here