Harga Cabai Masih Tinggi Bulog Siapkan Operasi Pasar

Elangnews- Di pengujung tahun ini, harga cabai masih relatif tinggi menembus angka Rp60.000 per kilogramnya. Kondisi itu membuat cabai menjadi salah satu penyumbang inflasi Jawa Tengah pada Desember ini. Wakil Kepala Perum Bulog Divre Jateng Ramlan mengatakan, dua bahan pokok menyumbang inflasi terbesar yaitu cabai dan bawang merah.

“Penyumbang inflasi terbesar adalah cabai,” ujarnya kemarin.

Dia meminta masyarakat tak perlu khawatir meningkatnya harga sejumlah bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru tersebut.

Salah satu upaya yang sudah dilaksanakan adalah operasi pasar (OP). Operasi pasar berkala dinilai mampu menekan inflasi di provinsi ini. Komoditas yang dijual meliputi cabai rawit, cabai rawit hijau, dan cabai keriting merah. Bulog Divre, lanjut dia, akan melakukan hal yang sama untuk produk lainnya yaitu gula pasir dan beras.

“Rencananya operasi pasar ini akan kami gelar sampai awal tahun depan, tidak hanya cabai, juga bahan pokok lainnya semisal beras dan gula pasir,” katanya.

Di pasaran, harga cabai keriting merah mencapai Rp50.000-58.000 per kilogram, cabai rawit hijau Rp45.000 per kilogram, dan cabai rawit merah Rp60.000 per kilogram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here