Kendalikan Inflasi, Ahok Berencana Lakukan Stok Beras dari Brebes

Elangnews-  Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan memaksimalkan peran BUMD dalam menjaga kestabilan harga sembako dan mengendalikan inflasi. Salah satunya dengan membeli stok pangan dari Brebes dan membangun lima pusat perkulakan tahun depan.

“Kami akan beli stok pangan di Brebes dengan membeli resi gudang pada tahun depan, sehingga ada kepastian pasokan di Jakarta dan harga stabil. Selain itu, juga akan membangun lima perkulakan pada tahun depan, sehingga warga bisa menikmati seperti harga pabrik,” kata Ahok dalam paparan program Ekonomi dan Ketahanan Pangan di Rumah Lembang, Jakarta, Jumat 17 Desember 2016.Ahok menambahkan, saat ini inflasi di DKI Jakarta bergerak stabil. Inflasi November 2016 tercatat sebesar 0,24 persen (mtm), lebih rendah dibandingkan dengan inflasi nasional yang mencapai 0,47persen (mtm).

Dengan demikian, tekanan inflasi Jakarta menjelang akhir tahun masih terkendali dengan laju inflasi yang baru mencapai 2,09 persen (ytd), lebih rendah dari nasional 2,59 persen (ytd), dan jauh lebih rendah dari rata-rata lima tahun sebelumnya 4,64 persen (ytd).

“Inflasi di Jakarta bergerak, baik dibandingkan bulan sebelumnya maupun rata-rata inflasi November dalam lima tahun terakhir. Dorongan inflasi yang tinggi dari kenaikan harga komoditas kelompok bahan makanan, utamanya sayur-sayuran dan bumbu-bumbuan, dapat teredam oleh rendahnya inflasi pada kelompok lainnya,” ujar Ahok.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here