Ditemukan Kehidupan Lain di Planet Mars

Elangnews-Bukti mengenai kehidupan lain yang ada di Mars ternyata sudah pernah ditemukan dalam misi penjelajahan planet Merah tersebut, setidaknya menurut studi terbaru. Namun para peneliti sebelumnya tak bisa menyadari bukti-bukti tersebut.

Dikutip dari Telegraph, Sabtu (26/11/2016) pada 2007, rover Spirit berhasil menangkap citra dari formasi batuan di dataran Home Plate, wilayah di sekitar batas ekuator Mars. Peneliti dari University of Arizona baru-baru ini menemukan batuan tersebut ternyata memiliki kemiripan dengan kondisi Bumi.

Menurut para peneliti, dataran tersebut memiliki struktur yang sangat mirip dengan sebuah wilayah bernama El Tatio di Chili. Wilayah itu diperkirakan terbentuk oleh kombinasi antara sumber air panas dan mikro-organisme.

El Tatio sendiri dipilih karena kondisi wilayah tersebut mirip dengan Mars. Berada 14 ribu kaki di atas permukaan air, temperatur wilayah itu sering turun di bawah titik beku saat malam hari, kendati saat musim panas.

Saat siang hari, cahaya ultraviolet yang berasal dari Matahari melewati udara yang kering dan tipis. Tak hanya itu, formasi permukaan Mars disebut-sebut tampak mirip dengan struktur bernama stromatolit yang ada di Bumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here