Nonton film sekarang sudah jadi budaya di masyarakat. Hiburan yang bersifat audio visual ini memang jauh lebih bertenaga dibanding mendengarkan musik yang hanya bersifat audio, atau membaca buku yang membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang lebih banyak. Mendengarkan musik atau membaca buku bisa jadi merupakan hiburan yang menyenangkan dan positif bagi banyak orang, namun, nonton film tetap jadi pilihan yang belum tergantikan.

Seiring dengan teknologi yang menjamur bagai cendawa di musim hujan, nonton film sekarang tidak eksklusif berada di bioskop. Membuat film pun tidak melulu hanya dikerjakan oleh production house. Ada banyak pegiat film indie yang memproduksi film dengan sukarela dan membagikannya dengan gratis di platform streaming video seperti Youtube.

Bagi generasi milenial yang tumbuh besar bersama teknologi, nonton film tak pernah dibuat ribet. Ada banyak website atau aplikasi resmi yang bisa dipakai untuk nonton film gratis, khususnya nonton film Indonesia. Website dan aplikasi di atas telah bekerja sama dengan rumah produksi yang memiliki film-film Indonesia tersebut, sehingga penonton tidak perlu khawatir nonton bioskop Indonesia bajakan atau ilegal, karena rumah produksi akan tetap mendapat royalti.

Nonton bioskop Indonesia merupakan budaya yang sebaiknya kita galakkan kembali dewasa ini. Perlu diingat bahwa nonton film Indonesia merupakan salah satu cara untuk mendukung industri perfilman Indonesia dikenal di kancah internasional. Sampai saat ini, hanya beberapa gelintir judul film Indonesia yang tembus ke Hollywood, seperti misalnya The Raid dan The Raid 2. Belum lama ini ada juga film Indonesia berjudul Setan Jawa yang sukses ditampilkan di world premiere di Melbourne, Australia, yang ditampilkan berbarengan dengan aransemen gamelan secara live.

Kualitas film masih menjadi masalah utama para produser dan sutradara agar bisa memproduksi film Indonesia yang bermutu tinggi, sehingga masyarakat berbondong-bondong nonton bioskop Indonesia demi memajukan film Indonesia. Banyak film-film Indonesia yang berkualitas di atas rata-rata, namun lebih banyak lagi film-film Indonesia yang tidak terlalu mengedepankan kualitas dan hanya bertujuan menarik massa. Yang lebih parah, tidak sedikit pula film Indonesia yang menyuguhkan adegan rating dewasa melebihi porsinya, sehingga alih-alih memikirkan kualitas, mereka lebih menyibukkan diri dengan pemikiran bagaimana caranya menghindari guntingan badan sensor.

Masalah yang tidak kalah besar adalah kecintaan masyarakat terhadap film Indonesia itu sendiri. Orang-orang tidak mau nonton film Indonesia karena selalu menganggap bahwa film Indonesia kurang bermutu. Ada pula yang tidak mau nonton bioskop Indonesia karena meyakini bahwa film Hollywood seperti the lion king 2019 selalu lebih tinggi derajatnya. Akibatnya, film-film Indonesia selalu sepi, karena yang nonton bioskop Indonesia sangat sedikit jumlahnya. Boro-boro mau dilirik dunia internasional, mengembalikan modal production house saja masih kelimpungan.

Problem yang lain yaitu preferensi berbeda yang dimiliki oleh pemirsa yang akan nonton film Indonesia. Misalnya, sebagian orang yang nonton bioskop Indonesia lebih menyukai film-film bertema thriller yang menghadirkan adegan-adegan keren dan berbahaya semisal kejar-kejaran mobil spektakuler, gedung yang dirobohkan habis-habisan, sampai adegan yang sepenuhnya melibatkan CGI (Computer Generated Imagery). Film-film Indonesia belum semuanya bisa memenuhi tuntutan konsumen seperti ini. CGI dan efek khusus lain yang ada pada film-film Indonesia sebenarnya sudah cukup tergarap, namun kadang hasilnya dirasa kurang nendang bagi penikmat thriller sejati. Sehingga ketika pemirsa dari kalangan ini nonton bioskop Indonesia, mereka lebih memilih nonton film Hollywood daripada nonton film Indonesia.

Namun, apapun masalah yang dihadapi oleh industri perfilman Indonesia, kita patut bersyukur karena animo masyarakat untuk nonton film tetap ada meski kadang tidak sesuai ekspektasi. Seiring dengan film Indonesia yang semakin menjanjikan kualitas, semoga film Indonesia lebih jaya dan dikenal di dunia internasional. Mari wujudkan mulai sekarang. Ayo nonton bioskop Indonesia. Ayo nonton film Indonesia.