Asinan Rambutan Banjarmasin Kini Menjadi Kuliner Kekinian

Elangnews – Asinan tak hanya jadi andalan Kota Hujan, Bogor lho. Menu satu ini pun ternyata jadi sajian istimewa di daerah Kalimantan, khususnya Banjarmasin. Jika biasanya asinan bogor menggunakan berbagai jenis buah-buahan, asinan banjarmasin ini hanya memakai buah rambutan sebagai bahan dasarnya.

Asinan khas Kota Banjarmasin ini seringkali disebut dengan nama rambutan kekinian. Kuliner kekinian ini cukup viral dibicarakan oleh netizen di media sosial khususnya Instagram. Pasalnya, menu satu ini memiliki perpaduan rasa yang sangat unik dan dijamin segar.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/01/2017) belum diketahui siapa pelopor atau pencipta kuliner rambutan kekinian ini. Namun, Kota Banjarmasin diyakini sebagai tempat diciptakannya kuliner segar berbahan dasar buah menyegarkan tersebut.

Asinan kekinian ini dibuat dari daging rambutan dicampur dengan potongan cabai, jeruk nipis, gula, garam, dan air dingin. Rasa manis, pedas, dan asam berpadu menjadi satu. Anda pasti akan ketagihan saat mencicipi asinan rambutan ini.

Selain bisa dimakan langsung, rambutan kekinian dapat pula disantap sebagai pelengkap menu olahan berbahan dasar seafood. Rasa segar yang dihasilkan dari rambutan kekinian ini diyakini bisa menetralisir bau amis dari makanan laut tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here