Akses Internet Google Akhirnya Menembus Kuba

Elangnews – Seperti diketahui, Kuba adalah negara yang pernah diembargo oleh Amerika Serikat (AS). Efek dari embargo ini membuat negara sosialis tersebut tak dapat menggunakan produk-produk asal Negeri Paman Sam, tak terkecuali layanan internet seperti Google.

Namun kini, masyarakat Kuba boleh bersenang hati. Pasalnya, mereka dapat mengakses internet Google. Google juga telah mengumumkan bahwa mereka akan beroperasi di Negeri Cerutu itu. Masyarakat bisa menjajal semua produknya, seperti Google Search, YouTube, dan Gmail.

Seperti dilansir International Business Times, Sabtu (29/4/2017), Google menjadi layanan internet asing pertama yang masuk ke Kuba.

Lantas, mengapa Google pada akhirnya bisa menembus Kuba? Keberadaan raksasa teknologi di negara itu tak lain sukses berkat kesepakatan kerja sama Google dengan perusahaan telekomunikasi lokal bernama Etecsa.

Diskusi kedua belah pihak juga sudah dilakukan sejak Desember 2016, di mana titik temu kesepakatan berlangsung pada Rabu (26/4/2017), waktu setempat.

Walau pada akhirnya masyarakat Kuba bisa menikmati layanan Google, bukan berarti kecepatan internetnya segesit AS.

Koneksi internet di Kuba masih berada di kisaran kilobyte. Sebab, jalur internet harus melewati Venezuela terlebih dahulu sebelum akhirnya masuk ke Kuba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here