Facebook Hadirkan Perangkat Edukasi untuk Tangkal Hoax

Elangnews – Berita yang tak terbukti kebenarannya alias hoax sudah jadi hal meresahkan bagi pengguna internet. Bahkan, dampaknya bisa memecah persatuan di negara multikultur sebesar Indonesia. Hal ini disadari oleh Facebook sebagai platform jejaring sosial terbesar saat ini.

Melalui keterangan resmi Facebook yang diterima media, Jumat (7/4/2017), jejaring sosial asal Amerika Serikat ini mengingatkan ke seluruh pihak pembasmian peredaran hoax merupakan tangung jawab semua pihak.

Facebook pun mengeluarkan sebuah perangkat edukasi untuk menangkal hoax. Menurut VP News Feed Faceboook Adam Mosseri, perangkat ini berada di bagian atas News Feed pengguna Facebook di 14 kota selama beberapa hari. Sayangnya, tak disebutkan dalam keterangan terkait kota mana saja.

Mosseri dalam keterangannya menyebut, Facebook kini berfokus untuk memerangi penyebaran berita palsu di tiga area. Pertama adalah menghambat insentif ekonomi, sebab kebanyakan berita palsu memiliki motif finansial.

Kedua adalah Facebook berupaya membuat produk baru untuk menghentikan penyebaran berita palsu, dan ketiga Facebook hendak membantu pengguna agar bisa mengambil keputusan berdasarkan informasi yang cukup saat menemukan berita palsu.

“Sebagai upaya berkelanjutan, kami telah melakukan konsultasi dengan First Draft, untuk meluncurkan sebuah perangkat edukasi agar orang bisa mengenali berita palsu,” tutur Mosseri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here